Senin, 04 Oktober 2010

Rapat Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Tupoksi KKP Kelas II Pontianak



Latar Belakang

Dengan semakin cepatnya perkembangan penyakit baik emerging desease, re-emerging desease maupun new emerging desease, maka Pelabuhan sebagai pintu gerbang dari- dan ke- luar daerah/ negara merupakan tempat yang potensial dalam penyebaran / transmisi faktor resiko maupun penyakit itu sendiri.

Setiap yang dapat menjadi sumber penularan penyakit dan penyebab gangguan kesehatan yang datang dari luar negeri atau dari pelabuhan dan atau dari daerah terjangkit penyakit karantina yang masuk dan atau keluar melalui Pelabuhan, Bandara, dan Pos Lintas Batas Darat di wilayah Indonesia harus memiliki dokumen kesehatan. Yang dimaksud dengan dokumen kesehatan adalah surat keterangan kesehatan yang dimiliki oleh setiap penumpang, awak, barang, alat angkut dan pelintas batas yang memenuhi syarat-syarat kesehatan Internasional.

Dokumen kesehatan merupakan salah satu alat pengawas untuk mencegah masuk keluarnya penyakit melalui pintu masuk negara. Oleh karena itu setiap alat angkut, orang dan barang yang masuk dan atau keluar melalui pintu masuk negara diwilayah Indonesia harus memiliki dokumen kesehatan.

INTERNATIONAL HEALTH REGULATIONS Revisi 2005 dalam pasal 22 disebutkan bahwa peran otorita kompeten di Pintu Masuk (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dalam mengimplementasikan IHR 2005 adalah melakukan pengawasan alat angkut dan muatannya.

Peran ini menjadi TUPOKSI KKP seperti yang tercantum dalam Permenkes RI No.356/MENKES/PER/IV/2008 bahwa KKP melaksanakan

1. pengawasan kesehatan alat angkut dan muatannya,
2. pengawasan dan tindakan kekarantinaan terhadap kapal, pesawat udara, dan alat transportasi lainnya, serta
3. penerbitan dokumen kesehatan kapal laut, pesawat udara, dan alat transportasi lainnya

Tupoksi ini harus dilaksanakan optimal agar penyebaran / transmisi emerging desease, re-emerging desease maupun new emerging desease, maupun faktor resiko penularan penyakit melalui Pelabuhan, Bandara, dan PLBD sebagai pintu gerbang dari- dan ke- luar daerah/ negara dapat dicegah dengan baik.

Agar pelaksanaan TUPOKSI KKP ini berjalan baik maka perlu dilakukan Koordinasi Lintas Sektor terkait di Pelabuhan , Bandara dan PLBD.

TUJUAN :

mengoptimalkan pelaksanaan TUPOKSI KKP melalui pelaksanaan koordinasi lintas sektor terkait di pintu masuk

OUTPUT

Indikator Output dari kegiatan ini adalah terselenggaranya koordinasi lintas sektor dalam pelaksanaan TUPOKSI Kantor Kesehatan Pelabuhan Pontianak

OUTCOME.
Indikator Outcome adalah Pelaksanaan TUPOKSI KKP sesuai amanat IHR Revisi 2005 dan Permenkes RI No.356/MENKES/PER/IV/2008 dapat optimal melalui koordinasi baik lintas sektor terkait di pintu masuk.

Cara Pelaksanaan Kegiatan

a) Metode Pelaksanaan
Pelaksanaan dilakukan dengan cara rapat koordinasi.
b).Tahapan kegiatan
i. Tahapan persiapan
ii. Penyediaan bahan
iii. Pertemuan rapat koordinasi
iv. Penyusunan laporan

Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Tempat pelaksanaan kegiatan di Ruang Rapat Kantor Adpel Pelabuhan Pontianak.
Pelaksana dan Penanggung Jawab Kegiatan
Pelaksanaa Kegiatan
Pelaksana kegiatan adalah Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epdemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak.

Penanggung Jawab Kegiatan
Penanggung Jawab kegiatan adalah Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak. Penanggung Jawab Teknis adalah Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epdemiologi

Jadwal kegiatan
Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Tanggal 28 September 2010

Peserta Rapat Koordinasi
1. KEPALA KANTOR ADPEL PELABUHAN PONTIANAK
2. KEPALA DINAS PERHUBUNGAN PONTIANAK
3. KEPALA KANTOR PELAYANAN BEA CUKAI
4. GENERAL MANAGER PT PELINDO II PONTIANAK
5. KEPALA STASIUN KARANTINA IKAN
6. KEPALA STASIUN KARANTINA PERTANIAN
7. KEPALA KANTOR IMIGRASI
8. KEPALA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
9. KETUA INSA PONTIANAK
10. KETUA PELRA PONTIANAK
11. DIRPOLAIR PONTIANAK
12. KEPALA P3L PELABUHAN PONTIANAK
13. KOMANDAN TNI AL PONTIANAK
14. KASUBAG TU ADPEL PELABUHAN PONTIANAK
15. KABID GAMAT ADPEL PELABUHAN PONTIANAK
16. KASI SYAHBANDAR ADPEL PELABUHAN PONTIANAK
17. KASI LALA ADPEL PELABUHAN PONTIANAK
18. KABID ANGKUTAN PERAIRAN PELABUHAN SENG HIE
19. KOORDINATOR POS TPI