Selasa, 30 Maret 2010

Team Food Poison Detection KKP Pontianak Melakukan Pemeriksaan Makanan Dalam Kunjungan Wapres RI

Staf Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak ikut aktif berperan serta dalam pengamanan kunjungan Wakil Presiden RI di Pontianak pada tanggal 26-27 Maret 2010. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pemeriksaan makanan dan minuman dengan menggunakan alat Food Poison Detection Kit dimana parameter yang diperiksa adalah Sianida, Azida, Sulfida, logam berat dan Arsenik. Pemeriksaan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Hotel Mercure dan LANUD Supadio. Berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya kontaminasi pada makanan dan minuman yang diperiksa.

Rabu, 24 Maret 2010

KUNJUNGAN KERJA MENKES KE PLBD WILKER ARUK KKP KLS II PONTIANAK







Pada hari Sabtu-Minggu tanggal 20-21 Maret 2010 Menkes RI bersama Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) melakukan kunjungan kerja ke Pontianak untuk melakukan status kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kab Sambas serta peninjauan persiapan operasionalisasi Wilker PLBD Aruk.
Pada kunjungan tersebut diawali dengan dialog menkes dan menteri PDT dengan jajaran kesehatan dan mass media di Aula Kantor Gubernur Kalbar, selanjutnya melakukan kunjungan kerja ke Perbatasan Aruk. Di PLBD Aruk Menkes dan Menteri PDT disambut oleh karyawan/ti KKP Kls II Pontianak. Acara diawali Laporan Kepala KKP Pontianak tentang Kesiapan Operasionalisasi Wilker Aruk, dilanjutkan dengan Sambutan Menkes dan Menteri PDT. Pada saat tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan Menkes berupa 1 unit ambulans kepada Kepala KKP Kls II Pontianak dan 1 unit Ambuans kepada Kepala Puskesmas Sajingan Besar (Aruk). Acara dilanjutkan dengan peninjauan Konter Wilker PLBD Aruk oleh Menkes dan Display peralatan Vektor Control yang merupakan sumbangan dari Ditjen PPPL. Acara diakhiri dengan foto bersama karyawan KKP Kls II Pontianak bersama Menkes dan Direktur Imunisasi dan Karantina.

Dialog Menkes RI & Menteri PDT dalam Rangka Kunjungan Kerja



Dialog Menkes RI & Menteri PDT dengan jajaran kesehatan dan media yang mengambil tempat di Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Pertanyaan kapada Menkes berasal dari Kepala Dinas Propinsi & Kota di wilayah Kalimantan Barat.

Penyambutan Kedatangan Menkes RI & Menteri PDT RI di Bandara Supadio Pontianak





Kedatangan Menkes RI & Mentri PDT dalam rangka kunjungan ke wilayah perbatasan Aruk Kabupaten Sambas pada saat tiba di bandara Supadio Pontianak tanggal 19 Maret 2010 di sambut oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat beserta jajarannya dan Kepala KKP Pontianak beserta staf wilker supadio.

Kunjungan Kasubdit Karkes & Kespel dan Kasubag Umum & Kepegawaian ke KKP Pontianak









Pada hari kamis tanggal 18 Maret 2010 Kasubdit Karkes & Kespel dan Kabag Umum & Kepegawaian melaksanakan pertemuan dengan pimpinan dan staf KKP Pontianak. Pada pertemuan tersebut kasubdit memberikan motivasi kerja untuk memperbaiki kinerja petugas dalam pelaksanaan tupoksi KKP Pontianak.
Sedangkan kepala bagian umum kepegawaian menyampaikan tentang peningkatan karir (jabatan fungsional, pendidikan & beasiswa) serta penghapusan barang milik negara.
Dalam kesempatan diskusi staf KKP Pontianak menyampaikan keluhan mengenai ijin belajar yang dalam tiap tahunnya selalu ada keterlambatan pengeluaran ijin belajar yang dapat mengambat peningkatan karir pegawai.

Senin, 22 Maret 2010

Persiapan Peresmian Wilker PLBD Aruk KKP Kls II Pontianak






Dalam rangka menyambut kunjungan Menkes untuk meninjau kesiapan operasionalisasi Wilker Pos Lintas Batas Darat PLBD Aruk, pimpinan dan staf KKP Kls II Pontianak bersama melaksanakan persiapan. Pada tahap awal KKP Kls II Pontianak telah menerima paket sumbangan berupa peralatan medis dan peralatan pemberantasan vektor dari Subdit Karkes dan Kespel. KKP kls II Pontianak juga memobilisasi peralatan meubelair serta peralatan klinik untuk menunjang persiapan operasionalisasi Wilker PLB Aruk Kab. Sambas.

Selasa, 09 Maret 2010

PRESENTASI PROGRAM DAN RENCANA KERJA 2010 KKP KLS II PONTIANAK




Pada hari Jumat tanggal 5 Maret 2010 dilaksanakan presentasi program dan rencana kerja 2010 kantor kesehatan pelabuhan (kkp) kls II Pontianak di ruang kepala KKP Kls II Pontianak. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan dalam pelaksanaan tupoksi KKP Pontianak pada tahun 2010.

Operasional Thermal Scanner di Bandara Supadio Pontianak yg merupakan Wilker KKP Kls II Pontianak







Pada tanggal 27 Februari 2010 telah dilaksanakan instalasi thermal scanner di Bandara Supadio oleh instalatir dari PPPL Kementerian Kesehatan RI. Alat ini merupakan alat pemindai suhu tubuh yang dapat secara cepat dan tepat sehingga tidak perlu mengganggu lalu lintas orang sesuai dengan amanat IHR 2005. Dengan pemasangan thermal scanner ini Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Pontianak akan lebih mudah untuk mendeteksi/ penumpang yang dicurigai (suspek) H1N1 maupun H5N1 yang mungkin masuk ke Pontianak melalui Bandara Supadio. Diharapkan cegah tangkal penyakit-penyakit tersebut maupun penyakit yang lain yang ditandai peningkatan suhu badan dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Kamis, 04 Maret 2010

Kunjungan Karo Perencanaan dan Direktur Imunisasi dan Karantina ke KKP Kls II Pontianak (part.2)


Pada kesempatan tatap muka dengan pejabat dan staf Direktur Imkar menyampaikan arahannya untuk lebih meningkatkan motivasi kerja selurh karyawan/ti KKP Kls II Pontianak. Keberadaan Kantor Induk yang masih berada di Ruko berlantai 3 juga merupakan perhatian Kepala Biro Perencanaan dan Direktur Imkar, dimana selain lokasi yang sangat tidak strategis juga luas bangunan dan konstruksi yang sangat tidak representatif sebagai kantor induk. Pengadaan tanah kantor induk yang ada pada DIPA 2010 diharapkan akan dilanjutkan dengan pembangunan kantor induk pada tahun 2011.
Dalam kunjungan ke Wilker Entikong dimana sangat dirasakan beratnya medan yang harus dilalui serta jarak tempuh 4 jam perjalanan, diharapkan perlu mendapatkan kendaraan operasional yang representatif, dimana kendaraan yang saat ini ada sangat kurang memadai, sehingga harus meminjam kendaraan dari Dinkes Prov. Kalbar.
Pada saat kunjungan ke Wilker PPLB Entikong, koordinator Wilker Sdr Rosita menyampaikan kendala yang dihadapi, yaitu kurangnya biaya operasional, kurangnya tenaga di Wilker, dan Tidak adanya tunjangan khusus di Wilayah Perbatasan bagi petugas. Diharapkan dalam perencanaan 2011 diharapkan permasalahan2 ini akan segera dapat diakomodir.

Kunjungan Karo Perencanaan dan Direktur Imunisasi dan Karantina ke KKP Kls II Pontianak (part. 1)


Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes beserta Direktur Imunisasi dan Karantina dr. Andi Muhadir, MPH melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Kls II Pontianak. Turut mendampingi kunjungan tersebut Kabag APBN I dr Slamet, MHP dan Kasubdit Karkes dan Kespel H. Mardi, SKM, M.Kes.
Maksud kunjungan kerja tersebut adalah dalam rangka meninjau kesiapan KKP Kls II Pontianak untuk Persiapan Peresmian Pos Lintas Batas (PLB) Aruk Kab. Sambas oleh Presiden RI yg direncanakan bulan April 2010, khususnya untuk mengetahui kebutuhan dan dukungan apa yg dapat dilaksanakan pusat dalam rangka persiapan peresmian tsb. Hasil evaluasi tersebut antara lain bahwa pusat akan segera menyediakan ambulans untuk PLB Aruk, serta kelengkapan lainnya utk wilker baru tsb. Pembangunan Kantor Wilker Aruk juga akan menjadi perhatian pusat utk tahun yang akan datang.
Dikarenakan jarak tempuh Pontianak-Aruk 8 jam dan beratnya medan, maka kunjungan dilaksanakan dari Pontianak menuju Kuching Malaysia dengan pesawat terbang dan selanjutnya ke PLB Aruk ditempuh dengan jalan darat selama 2 jam. Keesokan harinya dilaksanakan peninjauan ke PLB Entikong untuk melihat pelaksanaan tupoksi KKP di PLB dan untuk mengetahui kendala dan permasalahan yang dihadapi Wilker PLB Entikong.
Turut mendampingi dalam kunjungan kerja ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dr Subuh, dan Kepala KKP Kls II Pontianak Junghans Sitorus, SKM, M.Kes.

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ka Kantor Kls II Pontianak

Menindaklanjuti pelantikan eselon III dan IV di lingkungan Ditjen PPPL Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 2 Februari 2010 yg lalu, maka pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2010 di Aula Dinkes Prop Maluku Ambon dilaksanakan sertijab Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Jayapura, KKP Kelas II Ambon, KKP Kls III Biak, dan BTKL Ambon. Sertijab dipimpin langsung oleh Dirjen PPPL Prof dr Tjandra Yoga Aditama, SpP, MARS. Sertijab Kepala KKP Kls II Pontianak dilaksanakan dari Dirjen PP-PL kepada pejabat baru Bpk Junghans Sitorus, SKM, M.Kes Sertijab delanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas dan diakhiri kata sambutan Direktur Jenderal PP-PL Kementerian Kesehatan RI.