Rabu, 02 November 2011

SIMULASI MINI PENANGGULANGAN PHEIC DI PLB ENTIKONG TAHUN 2011


Simulasi mini penanggulangan PHEIC di PLB Entikong yang dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2011 merupakan pemenuhan dan penguatan kapasitas inti seperti yang diisyaratkan dalam IHR (2005) termasuk didalamnya adalah kemampuan dalam menyusun dan mengembangkan serta melaksanakan rencana kontigensi kesiapsiagaan menghadapi pandemi Influenza atau kejadian PHEIC lainnya, yang terjadi di wilayah PLB Entikong, yang melibatkan peran serta dan koordinasi lintas sektor dan lintas program (CIQ,TNI/POLRI Puskesmas, UPT PLB, TOMA/TOGA) yang dioperasionalkan dalam bentuk latihan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Simkar Ditjen PP & PL Kementerian Kesehatan RI, Ka. Badan dan Kabid BPKPK Prov Kalbar, Kasubdit Karkes dan Kepala Seksi beserta staf berjumlah 5 orang , staf Dit. BUK Kemenkes RI berjumlah 2 orang, 21 orang dari instansi yang berada di entikong, 7 orang dari KKP lainnya (Merauke, Kupang, Tarakan, Probolinggo), BNPP berjumlah 2 orang, tamu dari jabatan kesihatan negara Malaysia 4 orang.

Susunan acara terdiri dari

1. Laporan penanggung jawab kegiatan simulasi oleh Junghans Sitorus, SKM, M.Kes ( Kepala KKP Kelas II Pontianak )

2. Apel pembukaan Sebagai inspektur pada apel pembukaan adalah Drs.M.H. Munsin, MH (Kepala Badan Pengelolaan Kawasan Perbatasan Dan Kerjasaama Provinsi Kalbar).

3. Kegiatan Simulasi di pandu oleh Narator

Skenario simulasi yang dipandu oleh narator sebagai berikut:

a. Pembacaan prolog Situasi dunia dan mutasi virus influenza baru,Indonesia belum terjangkit, ada instruksi dari Dirjen PP dan PL Kementerian Kesehatan RI agar KKP segera melaksanakan penanggulangan.

b. Rapat darurat di PLB entikong yang dipimpin Ka. UPT PLB dan penjelasan dari Koordinator Wilker Entikong

c. Pengumuman dari Humas PLB tentang kewaspadaan menghadapi situasi dunia saat ini.

d. Pemasangan tenda isolasi yang dilaksanakan oleh petugas KKP sebagai komandan Sairozi dalam waktu 5 menit.

e. Persiapan Petugas KKP dalam melakukan pemeriksaan alat angkut bersama petugas CIQ lainnya

f. Kegiatan pemeriksaan dalam kondisi alat angkut yang dinyatakan tidak ada supek dan alat angkut yang dinyatakan ada suspek

g. Kegiatan evakuasi suspek ke tenda isolasi oleh Tim verifikasi (dr. Andy Gunawan Pasaribu, Rika, SKM, Yuliasri, Amin Bunyamin sebagai supir ambulan)

h. Desinfeksi bus oleh Slamet Pribadi dan Muji Utomo

i. Bus dan penumpang yang terpapar di bawa ke asrama karantina dikawal oleh petugas kepolisian

j. Desinfeksi tenda isolasi dan APD di lakukan oleh Slamet Pribadi dan Muji Utomo

k. Peragaan Pelepasan APD oleh dr. Andy Gunawan Pasaribu

l. Situasi Protes oleh keluarga penumpang yang dilakukan tindakan pengkarantinaan yang dilakukan oleh Neneng Rosnawati dkk. Situasi tindakan persuasif dilakukan oleh petugas kepolisian dan Koordinator Wilker Entikong

m. Penutup (narator Bibi Zarina, SKM, M.Kes dan Ariani B Tombi, S.Si, Apt)

0 comments:

Posting Komentar